Itenas

UAS IMK

Setelah dipikir-pikir, ditimbang-timbang, akhirnya diputuskan bahwa UAS IMK akan bersifat setengah online setengah offline.
Untuk yang online, silakan register ke classmarker (jangan lupa, pastikan diri anda register sebagai "TEST TAKER") dengan mengacu pada kode register berikut.
Materinya meliputi chapter 6, 7, 9, 10 dan 18, dan tentunya pelem super keren yang pastinya udah ditonton oleh adek-adek sekalian? Yaaap..MI4... File chapter 6, 7, 9, 10 dan 18 rasanya udah ada yang pernah punya deh.. lupa ya, siapa.... kalo nggak punya..? Unduh aja langsung dari situsnya HCIBOOK (mo donlot borongan boleee, mo pili2 chapter juga boleee).


IMK, Tugas II:

Dikumpulkan hari ini, Kamis 12 Januari 2012, jam 15.00, di ibu Ria, ditulis tangan.  Jika ada lebih dari satu lembar jawaban yang SAMA PERSIS, maka semua jawaban yang sama akan mendapat nilai 30.


1.       Apakah yang dimaksud dengan low intention interaction? Berikan contoh aplikasinya
2.       Jelaskan jenis interaksi apa saja yang mungkin digunakan pada kasus berikut :

a.       Gagdet terbaru dari Sony Ericsson memperkenalkan teknologi layar sentuh yang cukup canggih. Layar sentuh ini memungkinkan berinteraksi dalam sumbu Z, sedangkan layar sentuh yang biasa hanya sanggup mendeteksi gerakan arah X dan Y.  Icon akan bergerak cepat/lambat tergantung seberapa keras user menekan layar sentuh.
b.      Aplikasi Isara merupakan salah satu aplikasi yang  berhasil meraih penghargaan pada kompetisi. Aplikasi ini menggunakan Kinect untuk untuk membuat aplikasi pembelajaran bahasa Isyarat. Dikemas dengan UI Metro yang diadopsi dari desain Windows. Aplikasi ini memungkinkan seorang belajar bahasa isyarat dengan interaktif. Penggunaan kinect dilakukan untuk memeriksa gerakan kita (bahasa isyarat) dan menerjemahkannya menjadi satu kata. Kinect pertama kali digunakan pada konsol Xbox 360 yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan Xbox tanpa menyentuh controller game, hanya melalui gerakan atau ucapan.

3.       Tentunya ada sudah menonton film “Mission Impossible 4”.  Pada adegan pembuka, terlihat seorang kurir membawa paket yang harus diserahkan kepada seseorang tetapi kurir tersebut tidak mengenal orang yang dituju.  Tetapi, dengan menggunakan lensa kontak khusus di matanya, sang kurir akhirnya dapat mengenali orang yang dituju. Jelaskan teknologi dan interaksi apa saja yang digunakan, dan perkirakan bagaimana cara kerja lensa kontak khusus tersebut untuk mengenali orang-orang di sekitar kurir?

4.      Salah satu adegan menarik lainnya yaitu ketika agen Brant menyalin dokumen dari satu ruangan dan mencetak salinannya di koper pada ruangan lain.  Gunakan teori IMK yang sudah anda pelajari untuk memperkirakan bagaimana cara kerja alat-alat yang digunakan oleh agen tersebut.

5.       Untuk menjaga kedisplinan, sebuah perusahaan akan membuat semacam aplikasi absensi yang dapat mencegah karyawan untuk me”nitip”kan kehadiran absensinya kepada orang lain. Sistem absensi ini dibuat sedemikian rupa sehingga bersifat non-obstructive. Karyawan tidak perlu menggesekkan atau menempelkan kartu, menghadapkan wajah ke arah kamera, atau menempelkan jari pada mesin. Karyawan cukup melewati sebuah gerbang yang sudah ditentukan dan otomatis data karyawan tersebut dicatat.  Berdasarkan deskripsi tersebut, jelaskan ide anda terkait interaksi manusia dan komputer, seperti apakah sistem absensi yang paling sesuai untuk menangani masalah tersebut?



IMK, Tugas I :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan interaksi?
  2. Misalkan anda ingin mengunduh file video dari youtube. Jelaskan apa yang dimaksud dengan domain, goal dan task yang terjadi dalam interaksi anda dengan situs download dari youtube.
  3. Jelaskan perbedaan model interaksi Donald Norman dan Abowd and Beale. berikan contoh dengan aplikasi yang biasa anda gunakan (misalnya ms.Word, facebook, YM dan lain-lain).
  4. Apa perbedaan antara Slip dan mistake?
  5. Apa yang dimaksud dengan ergonomik, dan apa peranan ergonomik pada desain interaksi?
  6. Apa perbedaan antara direct manipulation dan indirect manipulation? berikan contoh.
  7. Anda sudah biasa menggunakan aplikasi Facebook. Jelaskan interaction style apa saja yang biasa digunakan pada facebook?
  8. Apa perbedaan antara palletes menu dan tear-off/pin-up menu? Berikan contoh penerapannya pada aplikasi yang sudah anda kenal (lengkapi denga gambar)
  9. Apa yang dimaksud dengan look and feel pada interaksi?
  10. Jelaskan constrain apa saja yang harus anda pertimbangkan jika merancang aplikasi yang akan dijalankan pada telpon selular?
Ketentuan jawaban :
  • Jawaban ditulis dengan file word (.doc, atau .docx), dengan format nama file :  Tugas1_IMK_xxxxxxx (xxxx nim anda masing-masing).
  • Jawaban dikirim via email ke alamat flashcourse@rocketmail.com, dengan subject : Tugas1_IMK_xxxxxxx, dan harus sudah diterima paling akhir tgl 26 Oktober 2011, jam 23.55.
  • Pertanyaan di atas diambil dari chapter 3, untuk menjawab pertanyaan di atas, anda dapat mengunduh file materi ppt di sini

Manajemen Proyek : Tugas II (12 Januari 2012) 


Silakan donlot soal di sini.
Kerjakan soal tersebut, secara perorangan, DITULIS TANGAN, dikumpulkan ke bu Ria paling akhir Jumat 13 Januari jam 15.00. 



Manajemen Proyek : Tugas I

Untuk mengerjakan tugas berikut, materi dapat diunduh di sini. Khusus untuk nomor 4 dan 5, anda harus googling mencari cara seleksi proyek dengan menggunakan metoda payback analysis dan weighted score.


1.  Untuk menyiapkan jalannya sebuah aplikasi, akan dilaksanakan proyek inisialisasi data, yaitu mengisikan data awal ke sistem. Sebelum dapat digunakan, data-data tersebut harus dibersihkan yang meliputi penyeragaman format data, penyesuaian data yang ada dengan format standar, klarifikasi data-data yang tidak sesuai format dan melengkapi data yang tidak ada. Data-data disusun dalam format file spreadsheet kemudian dicetak untuk divalidasi secara fisik ke kondisi lapangan. Setelah data selesai divalidasi secara fisik, dibuat program kecil untuk memindahkan data tersebut ke database. Program ini meliputi modul import data, log event, laporan data yang berhasil diimport, dan file berisi list data yang gagal diimport. Berdasarkan uraian tersebut, buatlah sebuah WBS sederhana dan sajikan dalam bentuk diagram pohon. 


2. Dalam mengelola proyek, kita harus sering melakukan estimasi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan estimasi size, effort dan schedule. Sertakan contoh deskripsi estimasi yang mungkin dilakukan.


3.   Salah satu teknik estimasi adalah menggunakan LOC dan FP. Jelaskan apa yang dimaksud dengan LOC dan FP dan penggunaannya pada estimasi proyek. 


4.   Misalkan anda diminta membuat proyek Portal e-commerce dengan modal awal sebesar Rp. 200 juta. Proyek ini diharapkan menghasilkan keuntungan sebesar 10 juta per tiga bulan pada dua tahun pertama dan 20 juta per tiga bulan pada tahun berikutnya.  Hitunglah berapa payback period proyek tersebut (dapat dinyatakan dalam bulan atau tahun). 


5.  Misalkan anda diminta mengevaluasi proposal pengadaan proyek teknologi informasi di suatu perusahaan. Kriteria yang sudah ditetapkan beserta bobotnya masing-masing adalah :

    1. Kelengkapan administrasi      : 40%
    2. Reputasi perusahaan vendor  : 30%
    3. Harga penawaran                   : 30%

Berdasarkan kriteria tersebut kemudian dilakukan penilaian terhadap 4 kandidat vendor dan hasilnya dinyatakan pada tabel berikut :



Kriteria
Vendor 1
Vendor 2
Vendor  3
Vendor 4
A
70
80
80
75
B
80
65
80
70
C
75
70
85
75



(A,B,C mengacu pada point di atas)

           
Berdasarkan data tersebut, lakukan ’weighted scored analysis’ untuk menetukan vendor mana yang paling layak mendapatkan proyek tersebut.

Ketentuan jawaban :
  • Jawaban ditulis dengan file word (.doc, atau .docx), dengan format nama file :  Tugas1_PM_xxxxxxx (xxxx nim anda masing-masing).
  • Jawaban dikirim via email ke alamat flashcourse@rocketmail.com, dengan subject : Tugas1_PM_xxxxxxx, dan harus sudah diterima paling akhir tgl 26 Oktober 2011, jam 23.55.